Melihat Bintang di Avon Valley

Kontributor & Foto: Akhdian Reppawali

 

Entah kenapa tempat ini dinamakan Bald Hill, sebidang tanah yang menjadi camping site yang terletak di Avon Valley National Park. Sangat kontras dengan namanya, camping site ini sangat rimbun ditumbuhi pohon-pohon Jarrah dan Wandoo, jauh dari kesan gundul. Bahkan disana sini, di area yang berbukit-bukit, berbagai jenis semak juga bertebaran menutupi permukaan tanah yang berwarna coklat kemerah-merahan.

Perlu waktu berkendara kurang lebih dua setengah jam menjauhi Kota Perth untuk sampai di tempat ini. Jaraknya sekitar 60-70 km, hanya saja terdapat jalan sepanjang kurang lebih 12 km yang harus ditempuh dengan kecepatan yang sangat pelan. Jalan tanah liat yang permukaannya tidak rata di beberapa tempat dan debu yang beterbangan saat berpapasan dengan kendaran lain turut membatasi jarak pandang.

Perjalanan melintasi jalan gravel

Gerbang memasuki kawasan Avon Valley National Park, seperti gerbang uji kejujuran. Untuk memasuki kawasan ini memang pengunjung dikenakan entry fee sebesar AU$7.5 per malam untuk orang dewasa dan AU$2.2 per malam untuk anak dibawah usia 16 tahun. Hanya saja tidak ada penjaga yang menunggu di gerbang masuk, pengunjung hanya disediakan amplop dan sebuah kotak memanjang kebawah untuk menyelipkan biaya kedalamnya. Saat selesai memasukkan entry fee, lalu menyelipkan pelan-pelan melalui celah sempit di mulut kotak, ada perasaan lega yang luar biasa. 

Sistem saling percaya seperti ini, telah menjamin taman nasional ini mampu menyediakan fasilitas yang cukup memadai bagi para pengunjungnya. Mulai dari lokasi camping, meja piknik, toilet, tempat sampah, persediaan air yang berasal dari tadahan air hujan dan lokasi camping yang kebersihannya terjaga. 

Menyiapkan tenda di camping site 

Empat buah tenda mulai dari yang berukuran sedang sampai sedikit lebih besar, ternyata mampu menampung seluruh peserta camping. Usai mendirikan tenda, godaan untuk menjelajahi kawasan taman nasional di sekitar camping site mampu mengalahkan rasa lelah berkendara di jalan gravel sepanjang sore. Pemandangan dari sebuah batu granit berukuran sangat besar memang sangat indah. Kontur Avon Valley, dimana Avon River mengalir berliku, nampak jelas dari ketinggian. Sesekali kereta barang lewat mengikuti jalur rel di sepanjang sisi Avon River. 

Memang ada banyak batu-batu granit dengan berbagai ukuran di kawasan ini. Ada juga rock pyramid, patahan-patahan batu granit kecil yang disusun menjadi seperti pyramid, setinggi orang dewasa. Ini biasanya menjadi penanda sebagai titik tertinggi suatu lokasi. 

Rock pyramid sebagai penanda puncak tertinggi

Saat matahari semakin mendekati batas cakrawala, sinarnya semakin lembut menyapu tonjolan-tonjolan granit dan pucuk-pucuk Karri dan Wandoo. Saat-saat seperti ini membuat betah untuk berlama-lama duduk di puncak granit, menunggu detik demi detik sampai akhirnya matahari meninggalkan jejak cahaya kuning keemasan lalu berubah menjadi jingga tidak lama setelahnya. Pancaran warna-warna seperti ini seringkali mengirimkan gelombang yang menembus dinding qalbu, menggetarkan rasa rindu kepada sang Maha Pencipta segala keindahan.

Senja di puncak granit

Pelan-pelan gelap malam menghampiri, menyelimuti tenda-tenda yang berdiri di beberapa lokasi. Ternyata ada banyak yang ikut menghabiskan akhir pekan dengan camping, hampir seluruh site di Bald Hill terisi, umumnya oleh rombongan keluarga. Api unggun mulai dinyalakan di dalam fire ring yang disediakan di setiap site, panasnya cukup untuk menjerang minuman yang menghangatkan tubuh dan memanaskan menu makan malam yang sudah disiapkan sebelumnya. Beberapa kilo sate bakso habis menjadi santapan utama malam itu. 

Malam di Avon Valley National Park ternyata tidak begitu gelap, bulan yang sudah mendekati purnama cukup terang untuk menembus celah-celah dedaunan. Obrolan ringan sana-sini serta permainan merekam spektrum cahaya membuat waktu berlalu tanpa terasa sampai sekeliling lokasi mulai terasa senyap. Ternyata hampir seluruh pengunjung camping site telah berada di dalam tenda berselimut gelap, menyisakan kami yang masih terjaga.

Melihat bintang di Avon Valley

Sementara bintang di langit mulai bermunculan dengan cahaya semakin terang. Kerlap-kerlipnya sangat memikat. Pemandangan langit malam bertabur bintang, sangat jelas terlihat di ujung batu granit yang menjorok ke arah lembah. Kadang-kadang terlihat juga bintang jatuh melintasi langit, meluncur sangat cepat. 

Entah ada berapa banyak jumlah bintang yang cahayanya sampai ke Avon Valley National Park malam itu, mungkin ribuan, bisa juga jutaan. Saat kembali memandang taburan bintang, tiba-tiba saja perasaan kecil dihadapan Pemilik Jagad menyelinap masuk sampai jauh ke titik jiwa terdalam, membenamkan ego. 

Maha besar Allah dengan segala ciptaan-Nya